Monday, November 8, 2010

Membuat Swept ( Basic 3Dimensi )

Untuk membuat sebuah bentuk dengan Swept dibutuhkan dua buah Gambar. Gambar pertama adalah bentuk atau pola dan Gambart kedua adalah alur atau Pathnya. Jadi sebelum perintah swept kita jalankan, terlebih dahulu kita sudah harus mempunyai dua Gambar sebagai dasar acuan pembuatan swept.
Untuk memudahkan kita memahami swept kita akan memberi sebuah contoh part yang dibuat dengan swept.
Pertama adalah membuat Gambar Pathnya atau alur:

  • Masuklah kedalam mode Sketch . Klik sketch

  • Buatlah gambar seperti contoh berikut dengan memakai Line dan Fillet.





  • Gambar yang anda buat tidak harus seperti contoh, anda bisa membuat kreasi sendiri dengan ukuran yang anda tetapkan sendiri. Gambar ini hanya sebagai acuan saja





  • Setelah gambar yang anda buat jadi, keluarlah dari mode Sketch .

  • Klik icon Plane atau Pada menu Bar klik InsertReference Geometry – Pilih Plane.

  • Pada panel Modify Plane, Pilih Normal To Curve. Klik Line pada salah bagian ujung garis Sampai terbentuk bentuk segiempat seperti gambar. Klik oke untuk keluar dari panel Modify Plane dan sebuah icon Plane1 akan muncul pada property manager

    [caption id="attachment_888" align="aligncenter" width="141" caption="Tab Properti Manager"][/caption]

  • Masuk ke mode Sketch pilih Plane1 tadi. Lalu buatlah sebuah Gambar sebagai pola yang akan kita Swept nanti.

  • Klik normal to untuk memudahkan membuat pola yang kita inginkan. Bentuk polanya kira kira seperti gambar dibawah dan pada saat membuat pola agar tetap pada titik origin, pola untuk membuat swept haruslah kurva tertutup, anda bisa berkreasi sendiri. 

    [caption id="attachment_893" align="aligncenter" width="339" caption="Pastikan titik origin di tengah gambar"][/caption]

     

    Lalu klik keluar dari mode Sketch.

  • Pilih Icon  Trimetric, gambar kira kira terlihat seperti dibawah. 

    [caption id="attachment_894" align="aligncenter" width="349" caption="Sketch 1 sebagai alur, Sketch 2 sebagai Pola"][/caption]

     

    Dari proses tadi kita telah membuat dua buah Ganbar, yaitu yang pertama adalah path atau alur dan kedua adalah pola atau model. Akan terlihat 2 icon pada property manager sebagai dasar pembuatan Swept.

  • Icon Sketch1 sebagai alur dan sketch2 sebagai polanya seperti terlihat pada gambar, kedua gambar tadi telah terhubung karena kita membuat gambar pada titik origin Plane1 .

  • Selanjutnya masuk mode Features . Klik swept Boss . anda akan dibawah ke Modify Panel Swept

    [caption id="attachment_897" align="aligncenter" width="404" caption="Terlihat pada panel Modify Sweep. Untuk profile atau pola kita memilih Sketch2 dan alurnya Sketch1. Seperti gambar di atas"][/caption]


Gambar akhir seperti terlihat dibawah setelah keluar dari modeSwept dan Pada property manager akan muncul satu icon Swept dan dibawahnya 2 buah icon sket sebagai dasar pembentuk swept tadi.

Panel Modify Swept
Selanjutnya kita akan lebih mengenal pilihan pilihan apa saja pada mode Swept yang bisa kita buat pada panel Modify swept, tapi sebelumnya kita membuat sket pembentuk Swept seperti pembahasan sebelumnya untuk lebih memudahkan memahaminya.

  • Buatlah Sket Profile dan Path seperti sket dibawah. Sebaiknya ikuti langkah yang telah diberikan 

    [caption id="attachment_901" align="aligncenter" width="420" caption="Bentuk dari sket yang kita buat akan seperti gambar di atas"][/caption]



  • Masuk Ke Tab features pilih Swept . Pada modify panel di isian Profile and Path. Pilih Sketch2 sebagai Profilenya dan Sketch1 sebagai path. Standard Swept pada Modify Panel tab Options akan memilih otomatis mode Follow Path sampai anda memilih DropDown Menu dimana ada 6 pilihan yang akan diberikan Tab Options, dimana Pilihan Mode Swept normalnya adalah Follow Path sampai kita memilihnya pada DropDown menu. 

    [caption id="attachment_902" align="alignnone" width="221" caption="Tab Options dimana Pilihan Mode Swept normalnya adalah Follow Path sampai kita memilihnya pada DropDown menu "][/caption]



  1. Follow Path 

    [caption id="attachment_903" align="aligncenter" width="409" caption="Pembuatan Swept mengikuti Alur atau Path"][/caption]

  2. Keep Normal Constant 

    [caption id="attachment_904" align="aligncenter" width="408" caption="Pembuatan Swept mengikuti Alur Constang pada Profile pembentuknya"][/caption]

  3. Follow path and 1St guide Curve

  4. Follow 1St and 2nd guide Curve

  5. Twist Along Path.....Twist Along Path (Puntiran sepanjang alur) dengan memasukkan nilai dengan mengisi “Define By” dengan tiga pilihan dropdown menu. I.Degree ( Memasukkan Nilai dengan derajat puntiran sepanjang alur ). II.Radians (Memasukkan Nilai dengan Radius Puntiran sepanjang alur ). III.Turn (Memasukkan nilai dengan jumlah berapa kali puntiran sepanjang alur ).

  6. Twist Along path With Normal Constant


Swept Cut
Pada pembahasan ini kita akan memberikan contoh langsung pemakaian Swept Cut.  Buatlah sebuah sket diatas swept boss yang telah kita buat tadi. Caranya;

  • Masuk ke Mode Sketch Sorot bagian atas Swept Boss Tadi dan buatlah Polygon dengan diameter Ø20 pada ujung Swept Boss. sket ini sebagai Profile dari Swept yang nanti akan kita buat, seperti contoh gambar dibawah.Masukkan nilai sesuai petunjuk gambar.

  • Keluar dari Mode Sketch pembuatan Profile.   Selanjutnya membuat Path (alur) Swept. Dengan cara Klik Line . Pilih Front Plane Pada dropdown Menu. Part seperti gambar dibawah. 

    [caption id="attachment_913" align="aligncenter" width="368" caption="Pilih Icon Front Plane/ ditandai dengan garis berwarna Oranges "][/caption]



  • Buatlah Sebuah Line tepat ditengah Polygon Sket Profile yang kita telah buat sebelumnya. Lalu sebuah lingkaran dengan radius 30 seperti contoh gambar dibawah ini. Sebagai alur Swept Cut nantinya.

  • Keluar dari mode Sketch Pilih Swept Cut . Pada modify Panel Pilih Profile Poligon(sketch3) dan Pathnya (Sketch4).

  • Untuk contoh Perubahan anda bisa merubah Modify panel pada Orientation/Twist Type pada Drop Down Menu.

  • Dan anda bisa merubah Nilai “Define By” dengan Nilai nilai tertentu untuk melihat akibatnya. 

    [caption id="attachment_919" align="aligncenter" width="434" caption="Beberapa bentuk perubahan yang terjadi"][/caption]


Swept Surface
Pembahasan terakhir adalah Swept Surface. Yang membedakan Swept surface tidak mempunyai ketebalan hanya berupa lembar tipis yang dibentuknya. Sedangkan swept Boss berbentuk padat.

 

[caption id="attachment_920" align="aligncenter" width="421" caption="Contoh Swepth Surface dengan lubang apda tengah."][/caption]