Thursday, November 12, 2015

Mengeluh Pekerjaan

Sering kali kita mendengar pekerja, karyawan yang mengeluh mengenai pekerjaannya, entah tentang tugas yang terlalu banyak atau masalah gaji yang terlalu sedikit yang tidak sesuai dengan pekerjaanya

Dulu ketika awal kerja saya sering mengeluh mengenai itu, pekerjaan yang tidak sesuai skill dan kemampuan saya dibayar sama dengan rekan kerja yang mempunyai skill dan etos kerja yang jauh dari standard saya.

Belasan tahun kerja ternyata secara tidak sadar membentuk saya sebagai pekerja yang loyal, kewenangan yang diberikan juga membentuk karakter loyalitas yang kadang membingungkan sendiri. antara tuntutan pendapatan dan pekerjaan yang tidak sejalan menurutku.

Dan bermuara pada satu titik, ternyata selama ini saya menjadi pekerja yang sering mengeluh tentang pekerjaan yang menjadi tugas saya. Jika dibandingkan tempat lain dengan beban kerja dan posisi sepertinya banyak yang mendapatkan penghargaan lebih baik dariku tapi banyak juga yang lebih buruk dariku. Ketika aku mengeluh tentang beban kerja itu artinya aku harus keluar dari upaya keluhan yang terus menerus itu, contohnya mencari tempat lain yang lebih baik, tapi toch mengapa tidak aku lakukan? jadi percuma mengeluh jika aku tidak mencari solusi untuk keluhan tersebut hanya menjatuhkan mental saja

Mengeluh adalah penyakit orang-orang gagal, PASTI? dan aku mulai menyadari itu