Friday, March 14, 2014

Reuni Online

Reuni dengan teman-teman sekolah yang tidak pernah terdengar kabar selama beberapa bahkan sampai berpuluh tahun mungkin hal yang agak sulit dilakukan jika di tahun 1990-an. Dimana Tehnologi komunikasi masih begitu "Primitif" dan kalaupun ada costnya pasti mahalllll.



Tapi diawal tahun 2000 dimana tehnologi Komunikasi mulai merangkat dan sepertinya melesat terbang diakhir tahun 2013 ini. Tehnologi Internet yang dikombinasikan dengan Gadget canggih dan Mobile tentunya telah memangkas batasan ini. Reunian dengan teman-teman seangkatan masa lalu tidak lagi jadi hambatan. Mengumpulkan mereka dalam satu sosial media dan berkomunikasi dari berbagai tempat dengan jarak ribuan kilo bahkan ribuan Mil bukan hal yang muskil lagi.

Seperti yang saya lakukan minggu ini (Augustus 2013) mengumpulkan teman-teman yang joint di Facebook dan saling mengundang untuk bergabung dalam 1 forum chat di FB. Reunian teman-teman semasa sekolah di STM Pembangunan Makassar yang namanya sekarang SMKN5,   dan dalam waktu seminggu sudah terkumpul 10 teman sekelas dengan cerita khas mereka masing-masing dan kabar2 terbaru mereka.

Masih teringat ketika awal 2001 ketika berkesempatan pertama kali ke negeri Jepan, pada satu sesi Home stay (Tinggal dirumah orang jepan selama sehari).  Seorang anak perempuan, mungkin SMP, waktu itu menanyakan.  Apakah diIndonesia ada HP sambil memperlihatkan HPnya. Waktu itu HP masih barang langka dan seingatku harganyapun masih mahal untuk seukuran buruh pabrik sepertiku dan bentuknya yang lumayan besar dengan layar hitam putihnya. Aku jawab ada biar tidak dikatain primitif banget sama anak itu :)

Tahun 2012 ketika menginjakkan kaki dinegeri sakura untuk yang ketiga kalinya. hal yang aku lakukan pertama kali adalah mencari jaringan Wireless entah itu di bandara bahkan ketika sampai diperusahaan tujuan. Karena saya paham benar, menelpon dengan menggunakan HP biasa akan kena cash yang lumayan besar. Dengan HP dan meminjam jaringan Wireless milik perusahaan saya bisa berhubungan dengan keluarga di indonesia dengan gratis. Saya masih ingat betul teman-teman yang sudah lebih dahulu menggunakan telpon berbayar untuk berhubungan dengan keluarga mereka di Indonesia. Setelah membujuk mereka agar perusahaan training kami bisa menyediakan jaringan Internet Wireless kami mendapat fasilitas internet gratis.  Waktu itu adalah babak baru Android mulai menunjukan dominasinya. HP Android pertama saya.

Cuma sayangnya akses internet di Indonesia masih terlalu lemot, jadi ketika komunikasi menggunakan media Video Call dari yahoo atau Skype masih terpotong-potong.  Bahkan infrastruktur 3G yang dibanggakan itu ternyata tidak sebaik yang saya kira.  Teknologi selulernya berkembang pesat tapi penyedia layanan internetnya tersungkur mereka hanya bisa janji janji dengan kecepatan luar biasa tapi ternyata, omong kosong belaka.

Tapi seiring dengan waktu saya yakin Iindonesia akan bisa menyediakan akses internet cepat beberapa tahun kedepan dengan biaya murah. Sehingga Reunian dengan Teman dan keluarga tidak lagi ada jeda. Apalagi dengan teknologi selulernya.. Wow keren.  Prosesor untuk komputer mulai dibenamkan diotak HP.  Quad core 1.2 Gb dan memory 1Gb hanya di bandrol 1-3 jt. Buatku, sangat murah untuk sebuah teknologi masa depan. entah di akhir 2014 nanti. teknologi apalagi yang mengejutkan bisa dibenamkan di HP.