Tuesday, November 10, 2015

Recomendasi Kerja

5667Lates Post, Sedikit cerita hari ini mengenai Recruitment karyawan ditempat kerja, karena "hari ini" saya mewawancarai 3 anak remaja yang rencananya akan joint didivisi dimana saya ikut terlibat didalamnya dan hanya 1 yang akan dipilih. singkat cerita wawancara diikuti dari HRD dan Manajerku yang ganteng dan aku sendiri, sebenarnya sebulan lalu sempat mewawancarai juga tapi dari wawancara itu tak satupun lolos seleks, daripada dipaksakan dan mengecewakan akhirnya 3 rekrutan baru kita tolak.

3 calon pekerja ini salah satunya bawaan rekan sekerja, SMS nama sudah aku kantongi begitupun sama bpk manajer dan saya sangat welcome, istilahnya rekrutan wawancara ini hanya sebagai pemetaan dasar tapi spotnya sudah dipastikan ke rekomendasi teman lah dan benar saja dari hasil wawancara ketiganya dari kacamataku tidak ada satupun masuk kategori lulus kualifikasi didivisiku.

Singkat cerita wawancara dilanjutkan dengan mulus dan bawaan teman masuk kerja.

Beberapa waktu lalu sebenarnya dapat banyak permintaan secara langsung, SMS dari keluarga agar bisa memasukkan keluarga juga untuk bisa mendapatkan recomendasi kerja toch secara aku juga punya kewenangan untuk bisa recomendasi orang  kerja ditempatku, tapi selama ini saya selalu menolak secara halus, bagaimanapun saya ingin bersikap se Profesional mungkin, karena akan banyak hal yang  terjadi diluar prediksi kita ketika memasukkan orang yang jadi bawaan, entah saat masuk, terlibat sebagai rekan kerja atau saat masa kerjanya habis, sudah mengalaminya dan itu banyak konflik.

Dan daripada terlibat banyak kepusingan dengan hal-hal seperti itu, saya memutuskan untuk tidak merecomended lagi siapapun dari keluarga. Bersikap seProfesional mungkin, Semoga.