Wednesday, October 15, 2014

Printer 3D

printer 3dPrinter 3 Dimensi bukan barang baru buat kebutuhan mencetak sebuah benda padat. Tehnologi ini hadir sudah lama tapi belum banyak digunakan orang  kerena memang hanya dipakai untuk kebutuhan kebutuhan tertentu selain harganya yang lumayan mahal juga pemakainnya minimal harus menguasai komputer grafik 3 Dimensi agar bisa dimaksimalkan kegunaannya.

System cetak memakai pahan plastik dengan cara dipanaskan dan diteteskan selapis demi selapis hingga membentuk sebuah benda padat yang sebelumnya sudah digambar melalui software design 3D semacam Autocad, 3dMas, solidwork, inventor ataupun sejenisnya. Dan saat ini ada perkembangan terbaru dari printer 3D ini, ternyata tehnologi terbarunya sudah mampu mencetak dari logam yang sangat kuat karena baru2 ini tehnologinya dicobakan untuk merakit senjata, dengan prinsip hampir sama, bubut logam dengan komposisi tertentu dipanaskan dan diteteskan selapis demi selapis hingga membentuk senjata. Untuk kedepan mungkin akan menjadi solusi menggantikan mesin2 CNC jika produksinya hanya untuk trial barang dalam bentuk satuan, karena untuk produksi massal belum support

Untuk harga sebuah printer 3D ini di Indonesia masih lumayan mahal untuk kocek rumahan seperti saya, sekitar 9 juta keatas dan yang dari logam kayaknya ga bisa terbeli diatas 1M karena ini khusus untuk industri, tapi ada solusi murah jika anda ingin mencoba mencatak design 3D Anda, cukup menggambar bentuk 3D kemudian mengirimkannya ke jasa Printer 3D yang sudah mulai marak, terutama dikota kota besar semisal jakarta. dan system pengiriman gambar bisa by email dan pembayaran Online, barang akan dikirim dalam waktu beberap hari saja.

Atau anda bisa coba merakitnya sendiri, tentu saja dibutuhkan ketekunan untuk hal yang satu ini. Bahan bahannyapun sudah tersedia Online, forum forum yang membahas mengenai cara merakit Printer ini juga cukup banyak, dan dari info yang saya dapat bianyanyapun dibawah 6jt walaupun digaransi hasilnya tidak semaksimal buatan pabrik, tapi cukup menantang untuk para hobbies yang suka merakit mesin.

Jika Anda penasaran dengan Printer 3D ini bisa searching di Gogel dengan kata kunci JASA PRINTER3D.

Armanfaluti

bekasi 15-10-2014